Zilong Mobile Legends

Sunday, July 26, 2009

MASTERING LAGU

masteringSebenarnya sudah lama banyak teman yang mengirim email ke saya dengan pertanyaan, "mas, software untuk mastering audio dengan plugin apa?". Tapi saya baru sempat posting sekarang.

Kebanyakkan dari teman yang mengirim email bukan teman-teman blogger, tetapi teman-teman yang kebetulan ditunjukkan oleh om google dengan keyword mixing dan mastering lagu.

Untuk mastering audio sebenarnya bisa menggunakan banyak cara dan banyak software. Kalau dengan cara atau teknik diantaranya yaitu dengan memanfaatkan mixer (baik analog maupun digital), dengan cara mastering dari software recording yang dipakai (misal cubase), preamp audio, dan sebagainya. Sedangkan untuk software tambahan atau plugin untuk mastering yaitu diantaranya TLS-One Pocket Limiter, Gain max, atau kalau di fruity loops ada yang namanya fruity limiter. Tergantung bagaimana Anda menggunakan dan memanfaatkan software dan hardware yang ada dan ditambah feelling Anda tentunya.


TLS-ONE POCKET LIMITER

Dari beberapa contoh di atas, saya akan memberikan link download untuk plugin TLS-One Pocket Limiter. Karena software itu meskipun free banyak dikalangan music director yang menyukai software itu sebagai tambahan di saat mastering lagu. Mungkin karena fitur-nya yang lengkap untuk proses mastering dan friendly atau mudah untuk digunakan.

Baik silahkan download software plugin TLS-One Pocket Limiter-nya di bawah ini:

plugin



GABUNG DI WEB KHUSUS MUSIK DI SINI

Related Posts by Categories



Bookmark and Share

0 comments: