Thursday, January 1, 2009

MERAKIT CPU, PSU MELEDAK !!

MERAKIT CPU, PSU MELEDAK


Pada tgl : 30 Desember 2008


Pengalaman yang mengesankan yang mungkin tak bisa dilupakan. Blog ini pun sudah tiga(3) hari tidak posting artikel. Banyak teman blogger yang menanyakan, "kemana nih admin blognya?". Padahal saya memang tidak ada waktu 2 atau 3 hari ke belakang/kemarin. alasannya, teman saya minta dirakitkan sebuah komputer.

Tidak disangka, berbagai masalah pun muncul. Masalah pertama ialah teman saya bawa uang yang nge-pas atau bisa dibilang masih kurang, dia ingin merakit PC yang bagus tapi uang-nya tidak cukup memadai. Dengan uang +/- Rp. 2,1 Juta, akhirnya dapat juga membeli semua hardware untuk merakit PC dan plus bisa beli sebuah monitor. Kami membeli hardware di Harco Mangga 2 di lantai 2 di toko `Pracom`. Berikut ini spesifikasi yang bisa didapat dari uang Rp. 2,1 juta :


1. Prossesor Dual Core 1,8 Ghz
2. RAM 512 Mb
3. VGA, Sound Card Onboard
4. DVD Room (second Rp 115.00)
5. Mainboard Amptron
6. Monitor Samsung 17` (second Rp 360.000)
7. Casing ATX Berwarna
8. Harddisk merk Samsung 40 Gb
9. Ongkos bensin heheheh....


Akhirnya dapat juga semua hardware yang dibutuhkan. Karena tidak sabarnya mau merakit, ketika sampai di rumah, kami langsung siap-siap merakit. Dari awal sampai akhir, semuanya sudah dicek ulang, dari pemasangan wire, screw, voltage dan assembly wire. Tidak sabar.... langsung aja tuh PC yang baru kami rakit, kami coba. Wow... ternyata berjalan lancar, Bios setup-nya OK, lalu saya coba install Windows Vista 2009. Di saat memformat harddisk, tiba-tiba PSU (Power Supply) yang bertegangan 450 Watt itu "MELEDAK" BUZZZZZZ keluar asap ngebul, seperti BUS KOPAJA yang baru startup hehehe... Kaget banget, kabel AC langsung saya cabut. Teman saya diam ter-bengong, mikir kalo-kalo Prosessor dan mainboardnya yang terbakar atau rusak/bermuka melas hehehe....






PENYEBAB YANG MUNGKIN TERJADI :

1. Elco (elektrolite condensor)-nya sudah overload buat menerima arus masuk dan membuang arus keluar, yang terdapat pada PSU (Power Supply).

2. Power Supply yang kami gunakan bersifat manual AC, yaitu penyetelan AC 115-235 Volt nya disetting manual. Berbeda dengan PSU yang biasa ada, yang otomatis sudah di parameter 230/240 Volt. Jadi waktu itu, saya lupa merubah penyetelan dari 115 voltnya, aturannya saya setting di 235 volt. Tapi hal ini baru kemungkinan lohhh, siapa tau aja emang Elco-nya yang gembel hehehe....

3. Gak menggunakan Stabillizer, yang membuat tegangan AC berubah-ubah yang menyebabkan kerja PSU tidak stabil.

4. Switch led HDD dan led power, terbalik antara ground dengan plus-nya. Ah... tapi kalo yang ini kurang logika, ya.... tapi bisa aja sih, namanya tegangan terbalik !!.

5. Ada sesuatu yang nyambung atau nge-short yang menyebabkan konslet.

6. Belum baca `bismillah` hehehe....


Semoga teman-teman dapat mengambil pelajaran di atas, bagaimana seharusnya teliti yang intens bila sedang merakit PC, akhir cerita kami `happy ending`. PSU yang rusak masih ada `garansi` bisa ditukar 100% baru tanpa biaya, kecuali ongkos bensin lagi hehehe... Dan kini teman saya lagi Zeb ajeb Ajzeb... ajeb AzEbbBB... Main bersama komputer belangnya hehe...!!! kok belang??? ya jelas-lah, sebagian hardwarenya ada yang `second`, tapi kualitas sudah bisa dibilang komputer `mid-end` lah. Gimana tidak?? uangnya aja cuma Rp. 2,1 juta???..

Intinya, semoga dapat ilmu baru dalam merakit komputer.

Related Posts by Categories



Bookmark and Share

3 comments:

Imam said...

Kocak...aseli..

Imam said...

Kocak...aseli..

danu_emce said...

saya juga mengalaminya kang.