Zilong Mobile Legends

Saturday, January 3, 2009

CD PECAH DI DALAM CD-ROM

CD PECAH DI DALAM CD-ROM

Mau bersedih tapi gak bisa... Eh salah mau nangis tapi gak bisa... Semalam pada tanggal 03 January 2009, saya diminta untuk menginstall ulang komputer tetangga yang data Windows-nya missing. Sekalian diminta untuk mennyetel speaker aktif yang baru dia beli.


Karena banyak virus yang menyebar di drive harddisk-nya, maka setelah menginstall O.S XP2 saya menginstall antivirus untuk menscan virus-virus yang berkeliaran di drive harddisk. Untungnya saja aplikasi master driver soundcard dan vga card-nya masih bisa diinstall walaupun sudah terserang banyak virus (aneh tapi nyata).


Yang saya kaget-kan lagi... Ketika asyik mencoba speaker aktif dengan memutar lagu dengan volume yang cukup keras, tiba-tiba terdengar suara `CpeTAXK`S`. Apa ya?... apa ya...? semua pada kaget dan terdiam... Bertanya-tanya, apakah yang barusan tadi pecah?? Dilihat kaca rumah tidak ada yang retak!! Kaca meja komputer-pun tidak pecah... Lalu apa ya???


Ah...!! sudah lah, saya lanjutkan untuk menginstall aplikasi lainnya. Dan ternyata ketika saya ke CD-ROM drive, Cd yang saya masukkin di CD-ROM tidak beroperasi/berfungsi. Berfikir, ah.. Mungkin tidak auto run, saya coba untuk keluarkan dulu, lalu saya akan coba masukin lagi ke CD-ROM drive.. Ehhh Eh eH... Ternyata yang pecah tadi itu bukannya kaca, tetapi Cd antivirus saya.. Aduhh aduh... (sambil bersedih) untungnya di rumah masih ada backup-nya. Wah, ini pengalaman baru saya, Cd hancur di dalam Cd-Room. Kok bisa ya?? dan pecahannya tidak bisa dikeluarkan dari Cd-room, ya... jadi dibongkar deh tuh Cd-room-nya. Ending-nya, kini Cd-roomnya sudah bersih dari sampah-sampah berkas keping-kepingan Cd. Dan Cd-roomnya berjalan lancar seperti semula.. Tapi penyebabnya belum ditemukan jelas..




Beberapa ini penyebab terjadinya Cd bisa pecah di dalam Cd-room :

1. Cd kepingnya memang `GuemBell` atau murahan alias jelek/not good.

2. Tegangan yang terjadi pada Cd-room tidak stabil, karena tidak menggunakan stabillizer. Jadi betapa sangat pentingnya stabillizer. Stabillizer salah satu protect/pelindung utama untuk keawetan komputer Anda. Jadi kalau belum punya stabillizer, buru-buru deh beli, atau yang bagusan sekalian pakai UPS.

3. Speed motor pada Cd-room sudah tidak stabil, mengingat Cd-room punya tetangga saya itu sudah cukup lama/jadul. Jadi sudah waktunya diganti.

4. Apes hehehe, kok apes?? mungkin lupa baca `bismillah` kali yaaa!!!.




Segitu aja deh curhatnya, semoga teman-teman dapat pelajaran dari pengalaman saya di atas.

Related Posts by Categories



Bookmark and Share

0 comments: