Monday, December 15, 2008

MEREPAIR HARDDISK YANG TIDAK BISA DIINSTALL OS XP

merepair harddisk


Pernah tidak punya harddisk yang tidak bisa diinstal OS (Operating System) XP atau Vista? Harddisknya hanya bisa diinstal OS Windows 98SE dan OS sebelum Windows 98SE. Kalau pernah dan masih belum tahu cara untuk bisa menginstall OS XP atau Vista, sekarang saya akan jelaskan mengapa dan bagaimana caranya agar bisa diinstall OS XP atau Vista?. Tapi sebelumnya saya mau cerita nih, dulu harddisk saya juga begitu dan harddisk teman saya juga sama tidak bisa diinstall OS XP atau Vista. Sampai ada mungkin ratusan kali saya install OS XP tetap tidak bisa juga?!!. Pusing… sekali saya waktu itu, masalahnya saya orang yang tidak terlalu banyak uang buat beli harddisk baru. Dan juga belum tentu dari harddisknya yang rusak, ya kan…? OK deh… daripada kelamaan langsung aja nih beberapa tips dari saya untuk bisa menggunakan harddisk yang bisa diinstall OS XP atau Vista (Cara Repair Harddisk) :






KEMUNGKINAN-KEMUNGKINAN YANG RUSAK (NG)


1. Partisi harddisk mengalami masalah, mungkin dikarenakan hardware atau virus atau juga voltage/tegangan power supply yang tidak stabil yang bisa menyebabkan partisi menjadi bad sector.

2. Kabel IDE yang sudah tidak layak pakai/sudah lama(tua), biasanya di dalamnya berkarat yang menyebabkan koneksi tidak terjadi.

3. Harddisknya memang rusak/suka terbanting/jatuh/kepanasan/kena air(konslet)/dibanting wuehehehe udah kayak ya..?? banting-banting harddisk??...

Nb : Wah untuk permasalahan no. 3 di atas jalan keluarnya ya.. harus beli harddisk baru atau cara lain yaitu dibrokenin aja hehehe…. Sayangkan.?? Makanya rawat baik-baik..




CARA REPAIR-NYA


1. Coba ganti dulu kabel IDE-nya dengan yang baru atau pinjam dulu punya teman… Kalau dikasih pinjam hehehe… tapi kalau teman saya baik-baik jangan-kan harddisk ceweknya aja dipinjem boleh…hehehe… Kalau ternyata duit tipis dan teman juga tidak ada yang punya atau tidak bisa dikasih pinjam oleh teman… Gini nih solusinya…. Minta duit sama nyokap atau bokap buat jajan beli harddisk… Hehehe sama aja ya.. beli-beli juga??? Sory just kidding.. Caranya… ambil air terus cuci kabel IDE-nya dengan cara menyikat lubang-lubangnya pakai sikat gigi yang lembut, lebih bagus lagi pakai alcohol atau solven. Kalau pakai alcohol atau solven IDE itu bisa langsung anda pakai, tetapi kalau anda membersihkannya pakai air,,, Eiittt tunggu dulu jangan langsung dipakai. Biarkan kering dulu (jangan dipanaskan oleh matahari). Kalau sudah kering baru boleh dipasang lagi.

2. Backup dulu data-data anda yang ada di harddisk ke harddisk lain, oh ya…ya.. harddisk siapa ya??? Ya… burning dulu kek datanya.. cari rental computer yang bisa ngeburning. Atau kalau di rumah punya DVD Writter, pakai itu aja burningnya plus OS. Windows 98. Ok deh saya rasa pasti ngerti lah.

3. Kalau semua file-file sudah anda dibackup, kemudian coba anda install kembali windows XP atau Vista. Dengan ketentuan hapus semua partisi, lalu anda buat(create) kembali partisi baru yaitu partisi C:\ dan D:\. Dan installnya jangan di partisi yang C:\ tetapi install di partisi yang D:\, fungsinya untuk memulihkan partisi yang bermasalah. Lalu format dengan NTFS jangan NTFS yang QUICK. Biar proses formatnya lebih rata dan teliti. OK dah pasti dijamin… Terus lakukan proses penginstallannya sampai selesai. Kalau sudah Taraaa… Harddisk anda kini sudah bisa diinstall OS XP atau Vista.. Sekarang anda bisa install ulang dengan menginstall OS XP atau Vistanya di partisi yang C:\ dan partisi yang D:\ tadi bisa anda format kembali(hapus) kalau anda rasa enaknya menginstall OS di partisi C:\.




Nb : Kalau berhasil makan-makan ya… hehehe… jangan lupa beli IDE baru kalau lagi ada waktu dan punya duit, takutnya nanti bermasalah lagi. Dan biasanya masalah seperti ini terjadi pada HARDDISK yang bermerk MAXTOR yang masih menggunakan kabel IDE untuk koneksi ke motherboardnya. Ok deh… Semoga berhasil.

Related Posts by Categories



Bookmark and Share

3 comments:

Samiyo Dindin said...

saya juga pernah mengalmi hal yang sama gan akhirnya saya back up data dan install di kompi lain dech

Mohammad iqrom afra said...

thanks mas broo

Krisna adi gunawan said...

kalo aku mending drive c: nya di format menggunakan installer ori nya, 'aku download .iso ori tp keynya palsu..." kalo dah punya cd nya tinggal di 'boot' dengan cd nya, format, dan install ulang...