Tuesday, December 23, 2008

MENGATASI KURANGNYA NAFSU MAKAN

MENGATASI KURANGNYA NAFSU MAKAN


Pernahkah anda merasakan malas untuk makan atau tidak berselera? Jawabannya pasti iya!. Setiap manusia memang selalu mempunyai penyakit `bosan`. Bosan terhadap kekayaan yang dimiliki, bosan punya satu istri/suami, bosan tinggal di rumah, bosan bekerja, dan yang paling parahnya sampai bosan makan. Bayangkan kalau nafsu makan kita berkurang ! Pasti banyak permasalahan yang akan timbul, karena semua aktifitas pasti membutuhkan energi, dan energi itu bisa kita dapat jika kita mengkonsumsi makanan. Jika selera atau nafsu makan kita bermasalah, otomatis semua aktifitas kita pun bermasalah. Contohnya bekerja, kalau energi yang kita punya sedikit, kerja pun terasa berat dan timbulah malas. Dari kejadiaan seperti itu bisa langsung menimbulkan penyakit juga. Makanya awalilah dengan pola makan yang benar, lalu dilanjutkan dengan pola hidup.

Seperti saya yang selalu memposting artikel di blog ini. Saya membutuhkan makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi, vitamin, dan semacamnya. Jika saya kekurangan vitamin A, maka yang akan terjadi ialah masalah pada kedua mata saya ini. Karena selalu melihat monitor dan terlalu fokus, maka saraf/kerja mata akan mulai melemah yang menyebabkan banyak hal seperti rabun atau mata minus.

Lalu bagaimana untuk mengatasi agar kita selalu berselera atau nafsu makan? Tenang… Saya akan memberikan beberapa tips agar nafsu makan anda bertambah. Sebelum dan sesudahnya penjelasan yang akan saya berikan ialah saling melengkapi, jadi saya tidak begitu paham mana yang harus didahulukan, yang jelas saling sinkronisasi. Baiklah saya akan mulai memberikan penjelasannya, silahkan dipahami.

Yang pertama ialah kita harus tahu berapa lama proses sumber energi atau semacamnya bisa diproses oleh tubuh kita, katakanlah perut yang mencangkup usus-usus.

Proses untuk pembakaran karbohidrat di dalam tubuh ialah 2 jam. Proses untuk pembakaran lemak di dalam tubuh ialah 3 jam. Proses untuk pembakaran protein di dalam tubuh ialah 4 jam. Kemudian proses untuk pembakaran vitamin atau mineral kurang lebih 30 menit. Jika semuanya dikomposisikan menjadi satu, misalnya kita makan dengan Nasi, Daging, Telur, Sayur, dan buah sebagai pencuci mulut. Maka proses pembakaran yang terjadi di dalam tubuh selama 8 jam. Itulah yang membuat kerja perut terlalu diporsil yang juga akan menimbulkan masalah kesehatan di dalam tubuh.




Berikut ini contoh pola makan yang salah :

Pagi, jam 06.00-11.00 : Menu makannya nasi, telur, air minum, sayur dan buah (proses pembekaran 5 jam).

Siang, jam 12.00-18.00 : Menu makannya nasi, daging, air minum, sayur dan buah (proses pembakaran 6 jam).

Malam/sore 17.00-22.00 : Menu makannya nasi, telur, air minum, sayur dan buah (proses pembakaran 5 jam).

Perhitungan istirahat kerja perut, dari pagi ke siang = 1 jam. Dari siang ke sore katakanlah juga = 1 jam. Dari malam ke pagi lagi (jam 06.00) = 8 jam. Total istirahat kerja perut 10 jam.



Berikut ini contoh pola makan yang benar :

Pagi : Usahakan jangan makan nasi, alternatifnya roti, biscuit atau bisa juga minuman sereal. Lebih bagus usahakan makan-makanan yang mengandung sedikit asam agar proses pembakaran bisa lebih cepat di pagi hari. Maka waktu untuk pembakaran yaitu 1 jam atau 30 menit.

Siang : Usahakan selalu mengkonsumsi buah di saat sebelum makan, fungsinya yaitu untuk memberikan enzim pada perut agar proses pembakaran lebih cepat. Jangan lupa lebih banyak komposisi sayur daripada nasi. Jadi menunya bisa nasi, buah dan sayur, daging, air minum. Dan kalau di siang hari anda memakan daging, usahakan jangan memakan telur juga. Karena dapat memperlambat kerja perut. Sebaliknya jika pada siang hari anda makan telur, usahakan jangan makan daging juga. Daging bisa dikonsumsi pada malam harinya. Proses pembakaran sekitar 4 jam.

Malam : waktu anda untuk makan malam ialah 8 jam dari makan siang anda, misalnya anda makan siang jam 12.00, maka anda bisa makan jam 20.00 malam. Dan jangan makan pada jam 22.00 malam. Waktu anda hanya sampai jam 21.00 malam saja untuk pola makan yang benar. Komposisi makannya sama dengan komposisi makan siang dan pengertiannya juga. Maka proses pembakaran yaitu 4 jam.



Berikut mekanisme kerja perut :

Jam 04.00 pagi-12.00 siang = waktunya metabolisme atau pembuangan, makanya kita suka mules di waktu pagi.

Jam 12.00 siang-20.00 malam = waktunya perut mengkonsumsi makanan.

Jam 20.00 malam-04 pagi = waktunya perut untuk mencerna makanan dan membagi-bagikan sumber energi, protein, vitamin, mineral ke seluruh tubuh. Dan bagian yang tidak diperlukan akan disalurkan ke sistem pembuangan.

Mulai dari sekarang cobalah untuk hidup sehat dengan diawali pola makan yang baik, benar dan teratur. Semoga penjelasan dari saya ini bermanfaat, terutama buat kesehatan anda.

Related Posts by Categories



Bookmark and Share

0 comments: