Saturday, December 24, 2011

TUTORIAL ANDROID INDONESIA | SOFTWARE ATAU PROGRAM UNTUK DEVELOP ANDROID

Artikel ini adalah artikel pertama saya tentang android. Tujuan utama saya sebenarnya untuk dokumentasi pribadi, tapi silahkan dipelajari oleh teman-teman yang ingin mempelajarinya.

Pembahasan paling mendasar adalah software atau program-program apa saja yang dibutuhkan untuk develop atau membangun aplikasi berbasis android (.apk).



PROGRAM-PROGRAM UNTUK DEVELOP APLIKASI ANDROID

1. Java : sebagai interpreter bahasa. Download Java JDK.
2. Eclipse : sebagai workbench atau editor yang sudah IDE. Download Eclipse.
3. Android SDK : sebagai interpreter bahasa Java yang digunakan android. Download Android SDK.
4. ADT Plugin : sebagai tools terintegrasi seperti custom XML editor, debuging dan banyak hal-hal lain yang mempercepat pembuatan aplikasi. Download ADT Plugin.

Kenapa harus pakai Eclipse? kalau jawaban saya, karena Eclipse yang paling friendly UI (User Interface)-nya untuk membuat aplikasi android, dan Eclipse selalu update seiring perkembangan android.

Bagaimana saya mencoba aplikasi buatan saya nanti sedangkan saya tidak punya atau memiliki ponsel yang O.S-nya Android? Jawaban: saat anda run/jalankan aplikasi buatan anda, maka akan ada Emulator yang akan memproses, jadi seakan-akan anda memiliki ponsel android di PC atau komputer anda.


CARA INSTALASI SOFTWARE

1. Ekstrak semua file yang sudah didownload(jika file masih dikompres rar atau zip). File-file yang perlu diekstrak adalah Java JDK, Eclipse(sesuaikan dengan O.S anda), Android SDK, dan ADT Plugin.
2. Taruh folder Eclipse ke dalam direktori sebagai berikut:

C:Program Files/taruh di sini.

Contoh di atas pada O.S (Operating System) Windows. Sebenarnya anda bebas menaruh di mana saja, cuma saya lebih suka mengikuti prosedur penginstallan, yang pada umumnya ada pada dalam folder Program Files. Buka folder Eclipse, dan cari file Eclipse.exe lalu klik kanan dan send to Desktop, agar mempermudahkan saat ingin memakai Eclipse.

3. Taruh folder Android SDK seperti cara menaruh folder Eclipse.
4. Install Java SDK dengan cara double klik, lalu klik Next hingga proses installasi selesai.
5. Jalankan Eclipse, double klik shortcut Eclipse yang ada di desktop tadi.
6. Pada Eclipse, pilih:

Help > Install New Software > Klik Add > Pilih Local jika ADT Plugin sudah diekstrak atau pilih Archive jika ADT belum diekstrak atau masukan link ADT pada kolom Location(karena file sudah diekstrak, jadi pilih Local > Cari folder ADT yang tadi diekstrak, lalu klik OK > akan muncul nama dan versi SDK yang anda tambahkan, lalu centang semuanya > klik Next, centang semua > klik Next > Finish/Selesai.

7. Pada Eclipse, pilih:

Window > Preferences > Android > Pada SDK Location, klik tombol Browse, lalu pilih folder SDK yang ada di dalam folder Program Files tadi > Apply > OK.

8. Pada Eclipse, pilih:

Window > Android SDK and AVD Manager > pada Virtual Devices, di sebelah kanan ada tombol New, klik tombol New > isi kolom nama (terserah anda, misalnya: android23), pada kolom target pilih targetnya, misal: Android 2.3 - API Level 9 > Pada SD Card isikan size yang ingin anda sediakan, misal 64 (pokoknya harus lebih dari 9) > Lalu klik Create AVD.


Sekarang anda sudah siap untuk mulai membuat aplikasi android. Jika ada yang kurang jelas, silahkan anda hubungi saya via email atau via hp. Dengan senang hati saya bantu sebisa saya. Terima kasih.

Related Posts by Categories



Bookmark and Share

1 comments:

bonbon kaskus said...

om buatin program pascal tentang shorting donkk yang mudah saja ..gue anak sa temenya lena ..kalo ingat