Wednesday, June 15, 2011

MENGHILANGKAN DENGUNG AUDIO ATAU SUARA DENGAN MENGGUNAKAN PLUGIN X-HUM

Saya mau share sedikit tentang cara menghilangkan dengung audio atau suara dengan menggunakan plugin berdasarkan pengalaman saya. Jadi mungkin saja catatan ini kurang tepat untuk yang sudah profesional dalam bidang recording, namun tidak ada salahnya untuk dibaca seorang pemula yang sama seperti saya ini.

Sebelumnya saya merekam vokal dengan menggunakan MIC Dynamics yang saya beli di toko elektronik, namun hasil recordingnya seperti live, karena MIC Dynamics adalah MIC yang biasa dipakai untuk karaoke. Akhirnya saya pergi ke toko elektro dan membeli MIC CONDENSOR seharga Rp1.000,00 (waw hanya seribu rupiah saja), lalu saya solder kabel ke MIC CONDENSOR itu atau istilahnya saya merakit MIC, setelah itu saya tes dengan memasukan jack output MIC langsung ke INPUT MIXER, namun tidak ada suara sama sekali. Ternyata MIC CONDENSOR yang seharga Rp1.000,00 membutuhkan preamp yang mendukung PHANTOM POWER. Maksudnya Phantom Power adalah adanya tegangan khusus untuk MIC CONDENSOR agar dapat berfungsi.

Saya coba merakit preamp MIC Condensor yang sudah mendukung PHANTOM POWER, skemanya saya cari di internet, dan saya merakit dalam bentuk Mono karena masih uji coba. Setelah preamp MIC selesai saya buat, lalu saya tes dengan memasukan output MIC CONDENSOR ke Input preamp, lalu Output Preamp ke Input Mixer, ternyata suara dari MIC CONDENSOR akhirnya keluar juga, namun dengung yang dihasilkan dari preamp sangat besar. Saya sudah memberi ground pada preamp mic, sudah menggunakan kabel abserm, sudah menggunakan dioda dan ic 7809 untuk membedakan polaritas tegangan dan filterisasi arus DC, pengkabelan sampai penyolderan sudah saya rapikan, polaritas elco sudah saya cek berulang kali (takutnya ada polaritas yang terbalik), layout PCBnya juga sudah saya cek berulang kali (takut ada alur yang salah sambung), tetapi dengung masih belum juga hilang. Potensiometer yang ada pada preamp mic saya coba putar-putar ke kiri dan ke kanan, tetapi dengung tidak berubah, mungkin dengung dihasilkan dari adaptor yang saya gunakan. Saya menggunakan adaptor yang sudah jadi, mungkin trafo yang ada pada adaptor itu yang menyebabkan dengung.

Karena take vokal sudah selesai sampai akhir, dan rasanya tidak sempat untuk membuat preamp dengan menggunakan trafo khusus (tanpa adaptor yang sudah jadi), maka saya coba untuk menghilangkan dengung yang ada pada track vokal dengan menggunakan salah satu plugin yang diproduksi oleh waves yang bernama X-HUM. Kaget, ternyata dengung yang ada benar-benar hilang dan kualitas take vokal sama sekali tidak menurun.

X-HUM

Jadi untuk anda yang saat ini sedang mengalami dengung pada track audio anda, cobalah menggunakan plugin X-HUM ini, dengan mencari frekuensi dengung-nya, maka dengung akan benar-benar hilang.

Related Posts by Categories



Bookmark and Share

3 comments:

Viyan Pradita said...

Wah, bermanfaat banget neh sob tutornya.
makasih sebelumya, ane coba dulu.
salam kenal :)

hendry said...

mantap gan infonya...akhirnya ketemu sudah jawabanya ngilangin dengung mic..

sirine polisi said...

salam kenal dari kami
trima kasih buat infonya, sanggat bermanfaat sekali
TOA Jogja
Dealer TOA
TOA
Ampli TOA
Wireless Portable
Bel Sekolah Otomatis
Sirine
Horn
Horn Federal
Speaker
Strobo
Strobo Dashboard
Batu Permata Murah
Batu Permata Jogja

sirine patwal