Tutorial cara memasukan gambar dengan bahasa pemprograman java ini sebenarnya hanya untuk tujuan dokumentasi pribadi saya, tetapi silahkan saja jika ingin anda pelajari juga karena tutorial cara memasukan gambar dengan bahasa pemprograman java yang tersebar di internet sebagian besar penjelasannya cukup membingungkan apalagi untuk pemula seperti saya ini. Hal yang kita lakukan adalah membuat dua kelas, kelas yang satu sebagai frame dan kelas yang kedua sebagai tempat gambarnya(bisa menggunakan JPanel atau JComponent).
Kelas KapalTerbang
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;
import javax.swing.event.*;
public class KapalTerbang extends JFrame {
public static void main (String [] abc) {
KapalTerbang window = new KapalTerbang();
window.setTitle("Kapal Terbang");
window.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
window.setContentPane(new KapalPanel());
window.pack();
window.setLocationRelativeTo(null);
window.setVisible(true);
}
}
Kelas KapalPanel
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;
import javax.swing.event.*;
import java.net.URL;
public class KapalPanel extends JPanel {
private ImageIcon _image; // definisi
KapalPanel(){
setPreferredSize(new Dimension(400, 400)); // mengatur lebar dan tinggi frame panel
setBackground(Color.blue); // memberi warna latar panel
ClassLoader cldr = this.getClass().getClassLoader(); // memanggil kelas untuk meload gambar
String imagePath = "plane.png"; // hanya static path
URL imageURL = cldr.getResource(imagePath); // memanggil/tuju path
ImageIcon img = new ImageIcon(imageURL); // membuat gambar berdasarkan path yang telah dituju
// mengirim hasil new ImageIcon ke _image, ini harus dilakukan agar tidak terjadi error thread
_image=img;
}
@Override
public void paintComponent(Graphics g) {
super.paintComponent(g);
_image.paintIcon(this, g, 100, 100); // menggambar image sekaligus meletakannya pada 100,100
}
}
0 comments:
Post a Comment