Zilong Mobile Legends

Saturday, December 26, 2009

DAFTAR SOFTWARE UNTUK SERVER LOCAL

Saya mau sharing software-software untuk server pada local host untuk keperluan membuat website yang dinamis baik menggunakan bahasa php maupun asp dan bahasa client side atau server side lainnya.

1. Apache2Triad

apache2triad

Software ini sudah melengkapi apache, mysql, dan php. Tetapi apache2triad sudah tidak dikembangkan lagi oleh pembuatnya dan berakhir pada php versi 4 saja. Untuk pemula yang mau belajar php saya rekomendasikan software ini.

2. Sokkit

Sockit adalah software pengembangan dari apache2triad, jadi si pembuat apache2triad mau merombak langsung dari nama juga program-program yang ada di apache2triad menjadi sokkit, sehingga apache2triad tidak dikembangkan lagi.

3. MSAS (Mamboo Stand Alone Server)

msas

Hampir sama dengan apache2triad, MSAS membungkus php versi 4, tetapi dibandingkan dengan apache2triad bagi saya MSAS lebih baik dari fitur maupun settingan defaultnya. Saya juga merekomendasikan ini untuk pemula yang baru belajar php ataupun asp dan CMS (Mamboo atau Joomla).

4. Vertrigo

Server lokal yang bagus dan stabil, vertrigo suatu jalan lain selain apache2triad dan MSAS. Selain itu juga hampir sama kinerjanya dengan Xampp bahkan menyaingi Xampp.

5. WAMP (Windows Apache Mysql Php)

wamp

Banyak para master php yang menggunakan WAMP server sebagai pembelajaran, karena perbedaan pada database yang digunakan, WAMPP bisa menggunakan database dengan SQL (bukan MySQL).

6. Xampp

xampp

Ini dia software yang sangat digunakan oleh para master php maupun para pemula. Sayangnya untuk saat ini Xampp sudah berbasis pada PHP versi 5. Kesulitan bagi anda yang pemula untuk belajar PHP, makanya cobalah pakai apche2triad/MSAS/Vertrigo untuk langkah awal mengenal bahasa pemprogaman PHP (khususnya PHP versi 4).

7. Lain-lain

Selain keenam software di atas, masih ada beberapa software lainnya, tetapi saya tidak merekomendasikan.

Related Posts by Categories



Bookmark and Share

0 comments: