Wednesday, October 8, 2008

MIXING DAN MASTERING LAGU

MIXING DAN MASTERING LAGU

UNTUK PEMULA

PERSIAPAN SOFTWARE

Software-software yang dibutuhkan untuk membuat sebuah lagu ialah Nuendo, Cubase, Fruity Loops, Pro Tools, Sonar, Sony Soundforge, Wavelab, dan masih banyak software-software audio lainnya.


NUENDO

Ialah software yang memiliki banyak plugin audio, tetapi software ini lebih baik dalam pengambilan/take audio dari drum, bass, gitar, keyboard, vocal, dan instrument lainnya. Selain untuk merekam suara, software ini juga berfungsi lebih cenderung untuk pengeditan audio, seperti mixing. Software Nuendo ini juga sebenarnya sudah sangat lengkap hanya saja cukup sulit apalagi untuk pemula jika ingin membuat drum midi dan mastering. Jadi untuk membuat drum midi dan mastering lebih baik beda software. Dan kelebihan Nuendo ialah support dengan berbagai macam soundcard.



CUBASE

Tidak jauh dengan Nuendo, semua fiturnya sama, hanya saja ada sedikit yang berbeda pada plugin Cubase dengan Nuendo. Lebih cenderung ke file-file audio, karena dalam format video Cubase saat ini kurang focus. Cubase juga support dengan macam soundcard.



PRO TOOLS

Suatu software yang berbeda dengan Nuendo dan Cubase, Pro Tools membutuhkan soundcard yang khusus, yaitu DigiDesign yang harganya berkisar dari 3 juta-25 juta rupiah lebih. Kelebihan Pro Tools lebih banyak daripada Nuendo dan Cubase, Error atau masalah pada saat take jarang terjadi, Pro Tools juga tidak terlalu membebani kerja prosessor dan memori computer. File audio Nuendo dan Cubase bisa dibuka di Pro Tools tetapi file Pro Tools tidak bisa dibuka di Nuendo dan Cubase. Kualitas suara sebenarnya sama saja dengan Nuendo dan Cubase tergantung dengan soundcard yang digunakan dan operator yang handal dalam segala hal dari pengambilan suara awal atau pengaturan mixer, mixing sampai mastering.



FRUITY LOOPS

Software yang lebih focus terhadap suara-suara midi. Dengan software ini anda dapat membuat drum midi dengan mudah dan bisa memilih berbagai macam suara drum sesuai selera anda. Misal suara snare drum, di Fruity Loops suara snare drum sangat banyak tergantung jenis aliran apa dan tergantung selera anda. Software ini juga bisa take audio tetapi sangat sulit dalam proses mixingnya. Biasanya Fruity Loops kalau bukan pemanfaatan drum midinya software ini juga untuk metronome, karena metronome yang ada di fruity loops lebih stabil dibandingkan software lainnya seperti Nuendo, Cubase, Pro Tools, dll.



WAVELAB

Software yang sangat penting dalam proses mastering, audio yang suaranya masih rendah dimastering dengan plugin-plugin yang ada di wave akan menjadi besar. Tetapi dasar plugin atau standar plugin yang harus digunakan untuk mastering di wavelab belum ada di wavelab sendiri. Jadi anda harus mendownloadnya, plugin yang digunakan untuk mastering ialah PSP VINTAGE METER untuk kalibrasi dan monitoring audio dan plugin TLS ONE untuk menaikkan suara atau gain.



PROSES AWAL, PROSES TAKE AUDIO

LANGKAH-LANGKAH



TAKE AUDIO

1./ Gunakan software Nuendo, Cubase, Pro Tools, atau yang lainnya. Tapi kita coba pakai Nuendo dulu saja. Karena softwarenya mudah didapat dan support dengan macam-macam soundcard.

2./ Settinglah dalam hal ini anda sedang take gitar, setinglah volume gitar anda. Anda harus banyak melakukan eksperimen atau percobaan, berapa yang baiknya untuk menyetel suara volume pada gitar anda, karena beda gitar beda suara yang disebabkan beda pick up atau biasa disebut spull.

3./ Anda mau menggunakan software atau effect gitar asli, jika menggunakan software contohnya software Guitar Rig maka ada baiknya anda beli hardware Guitar Rignya juga, karena kalau hanya pakai softwarenya saja dijamin pasti suaranya pecah pada saat mastering. Kalau menggunakan effect eksternal, Carilah effect yang bagus yang noisenya sedikit dan suaranya bulat, sesuaikan volume effect anda, dalam hal ini anda juga harus banyak percobaan dalam mengatur volume pada effect anda, dan ingat preamp pada computer atau audio di computer jangan pernah diubah-ubah, biarkan settingannya pada 0 db agar tidak terjadi noise atau peak.

4./ Ada banyak cara atau biasa disebut skema dalam proses pengambilan suara. Ada yang dari gitar lalu dihubungkan ke effect gitar lalu dihubungkan ke line in computer langsung. Ada juga dari gitar dihubungkan ke effect gitar lalu dihubungkan ke sound yang besar lalu taruh di depannya mic, baik di depan sound, di samping sound, agak jauh dari sound, atau dibelakang sound dan dari mic itu baru dihubungkan ke line in computer langsung. Dalam hal ini tergantung pilihan anda dan kreatif anda serta percobaan anda dalam mencari kualitas sound atau rekaman yang baik, baik mixing sampai mastering.



PROSES EDITING DAN MIXING

1./ Satu persatu anda dengarkan audio mana yang hasil takenya kurang bagus atau ada yang fals, bila nada fals anda bisa menggunakan pitch shift untuk memperbaiki nadanya. Jika sound gitar anda rasa kurang dapat seperti yang anda inginkan, anda bisa mengedit dengan equalizer yangt telah disediakan software atau anda gunakan plugin tambahan pada sound gitar.

2./ Jika anda kesulitan untuk take drum, mungkin karena kemahalan membeli sebuah drum yang bagus dan soundcard khusus drum yang harganya memang cukup mahal, anda bisa memanfaatkan software Fruity Loops. Setelah anda membuat take drum pada Fruity Loops, anda bisa memindahkannya ke Nuendo bersama take gitar yang telah anda buat.

3./ Banyak sekali kesalahan-kesalahan take dapat anda edit di Nuendo (dalam hal ini), Dari mencopy file, memotong audio yang tidak perlu, membuat fade out/suara yang semakin lama semakin menuju rendah, atau fade in/suara yang menuju keras. Mengedit suara kiri suara kanan atau left and right yang akan membuat audio lebih terasa nuansa stereonya. Cukup anda coba-coba dan anda ingat masing-masing fitur yang telah disediakan software.

4./ Mixing, penyelarasan suara, proses mixing ini sangat penting karena lagu enak didengar atau tidaknya sebagian besar dari mixingan anda. Jangan suara vocal menutupi suara gitar dan drum atau juga sebaliknya suara vocal tidak terdengar jelas karena tertutup distorsi gitar yang tinggi atau gain drum yang tinggi. Yang paling sulit itu mixing drum antara snare drum, kick, hit-hat, cymbal. Dalam hal ini anda harus lebih-lebih sering melakukan pengamatan dan ujicoba, jangan lupa dengarkan lagu-lagu yang sudah jadi sebagai bahan referensi anda dalam mixing sebuah lagu, gunakan telinga anda sebaik-baiknya.



PROSES MASTERING

Jika lagu yang anda mixing sudah sesuai menurut telinga anda, tetapi masih kurang besar gainnya, maka gunakanlah software wavelab (dalam hal ini) atau yang lainnya. Aturlah gain yang ada pada wavelab dan gunakanlah plugin-plugin yang bersifat memfilterisasi audio dan jangan lupa juga pasanglah monitoring audio untuk mencegah suara peak atau lebih dari 0 db. Bila anda rasa sudah cukup dengan hasil mastering, maka batch proseslah dan save/simpan dalam format wav. Dan lagu anda kini telah siap untuk dikonsumsi sendiri atau dijual.

Gabung di web khusus musik DI SINI.

Selamat Mencoba, bila ada pertanyaan kirimkan saja ke e-mail saya di :

wahyu.kodar@yahoo.co.id

atau

085880656671 (HP)

Related Posts by Categories



Bookmark and Share

12 comments:

Pribadhi said...

Sblmny Makasih utk info diatas mas bro.
Saya ada masalah dgn sound vokal nih, gmana ya caranya biar dpt sound voc yg megah dan nyaring..?
Cont: Sprti Skid Row, Steel Heart, Hengky Supit di Whizzkid atau band2 era 80-90an deh.
Trim's..

WAHYU KODAR said...

Kompleks penjelasan-nya mas. Optimalkan dan pemilihan yang tepat untuk jenis mic, soundcard, preamp, dan compressor yang digunakan.

Unknown said...

Saya pakai nuendo,tp hasil rekamanya tipis padahal sample rate nya udah 48,supaya tebal pakai plugin apa bos?

TEST MEMBUAT BLOG said...

MAS HARGA PREAMP YANG PREAMP YANG MURAH BERAPA MAS AL NA SAYA PAKE SOUND CARD ONBOARD??

tom alcore said...

http://www.youtube.com/watch?v=Vhfz1tqkIfk

nitip bang nieh band pop saya ... (apakah anda mengenali saya?)

arbian said...

mas klo efek gitar dari soft ware cool edit pro ,bisa g sih di bentuk persis sama kaya efek gitar asli,,,,,, trus sound card yang bagus pake apa ya..... n harga nya yang kisaran berapa....

CHORDY said...

Silahkan berkunjung ke warung aku di http://www.dolananmusik.blogspot.com

ALCORE said...

ayodong balas comment saya ...?

Evio Music Store said...

cek : di eviomusicstore.blogspot.com
Murah-Murah Gan...
facebook :
fanello_oby@ymail.com

Evio Music Store said...

jangan ONboard... jangan" nangung" mas klo mau hasil ok...
Sound Card nya pke yg murah aja Sound Blaster 5'1 yamaha Creative .. ane jual baru ... atau cek barang di
http://eviomusicstore.blogspot.com/p/home-posts-filed-under-software.html

Pre Amp ....
OK Semuanya Hanya : 100ribu

1.IK.Mulitmedia Amplitube Jimi Hendrix
2.IK.Mulitmedia Amplitube Metal
3.IK.Mulitmedia Amplitube Fender
4.IK.Mulitmedia Amplitube Ampeg
5.IK.Mulitmedia Amplitube CSR
6.IK.Mulitmedia Amplitube 1
7.IK.Mulitmedia Amplitube 2
8.IK.Mulitmedia Amplitube 3
9.IK.Mulitmedia Amplitube T-RackS 3
10.IK.Mulitmedia Amplitube Studio

Via JNE
Facebook : fanello_oby@ymail.com
HP :083813783241 SMS Only

Evio Music Store said...

Sound Card Converter
* Steinberg Ci2+ Baru Rp : 1.250.000,-
Image : http://www.dolphindaw.com/converter/steinberg-C-I-2-+.jpg

*Avid Recording Studio Baru Rp : 1.450.000,-
Image : http://www.dolphindaw.com/converter/avid%20recording%20studio.jpg

*Sound Card Yamaha Sound Blaster 5'1 Baru
Rp : 300.000
Image : http://www.xtremecomputers.co.in/Store/images/5.1%20Creative%20Sound%20Blaster%205.1%20Sound%20Card.jpg

*Sound Card Sound Blaster X-Fi Surround 5.1 Baru Rp: 900.000
Image : http://cadmystic.com/wp-content/gallery/creative/creative-sound-blaster-x-fi-surround-5-1-pro-box.jpg

atau cek : eviomusicstore.blogspot.com

facebook : fanello_oby@ymail.com
www.myspace.com/robbyku

belanja software recording paling murah

Evio Music Store said...

http://eviomusicstore.blogspot.com/p/article.html

TIPS recording.....