Wednesday, October 15, 2008

MANFAAT PUASA ILMIAH

MANFAAT PUASA ILMIAH

Pengenalan Penyakit

Banyak penyakit yang dahulu belum pernah ada tetapi kini datang dan menyerang tubuh manusia. Penyakit-penyakit yang susah ditemukan obatnya sampai saat ini (tahun 2008) yaitu di antaranya AIDS, Hepatitis C, Flu Burung, ANTRHAX, dll.



Sumber Datangnya Penyakit

Sebenarnya penyakit yang datang menyerang tubuh kita ialah penyakit yang memang karena kesalahan kita dalam menjaga kondisi badan, mengatur pola makan, mengatur pola hidup dan lingkungan di sekitar kita.




Penyakit Modern

Banyaknya jenis penyakit yang sampai kini belum ditemukan obatnya kebanyakan dari kebiasaan kita mengkonsumsi makanan. Penyakit baru atau biasa disebut penyakit modern, lebih disebabkan kepada jenis makan manusia pada saat ini yang semakin modern. Jenis makanan modern dapat menyebabkan penyakit modern pula, seperti halnya makanan cepat hidang. Di zaman yang modern ini, khususnya para pekerja keras dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari lebih cenderung ke arah yang praktis, mudah, dan cepat. Sebenarnya banyak kandungan pada makanan atau minuman yang cepat hidang yang menggunakan berbagai jenis bahan kimia yang pada dasarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam proses pencernaan. Banyaknya dan bermacam-macamnya bahan kimia yang digunakan pada makanan atau minuman cepat hidang dapat menimbulkan berbagai masalah penyakit baru atau modern. Kebanyakan kita melihat makanan yang cepat hidang dan segar, tetapi kita tidak tahu bahwa segarnya makanan itu disebabkan karena telah diberikan gas penyegar yang memang tidak dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dan untuk menarik agar makanan atau minuman terasa dilihat menggiurkan basanya diberi zat pewarna, dan ini juga tidak dibutuhkan oleh tubuh kita karena zat pewarna itu hanya artifisikal atau fisik belaka, yang hanya mengundang selera makan saja tetapi tidak memenuhi syarat untuk pencernaan tubuh manusia.




Pola Makan Yang Baik

Pola makan yang biasa kita tahu yaitu 4 sehat 5 sempurna. Tetapi pada persepsinya banyak diantara kita yang tidak bisa mengatur pola makan tersebut, bahkan ada yang berkata “wah, kenapa ya dengan tubuh saya?, padahal saya sudah menerapkan 4 sehat 5 sempurna, tetapi kolesterol saya makin bertambah saja”. Pertanyaannya, apakah makanan yang dia makan salah atau pola makannya???. Ternyata pola makannya dia berlebihan, memang pola makan standar yang baik yaitu 4 sehat 5 sempurna, tetapi pada proses pencernaan bila semua langsung kita santap dalam satu waktu, maka proses pencernaan membutuhkan waktu yang sangat lama, yaitu sekitar 8 jam. Untuk mengkonsumsi buah atau vitamin itu lamanya setengah jam, mengkonsumsi karbohidrat 2 jam, mengkonsumsi protein 3 jam dan mengkonsumsi lemak yaitu 4 jam waktu pencernaan di dalam tubuh manusia. Tetapi bila semua digabungkan maka proses pencernaan akan berlangsung selama 8 jam. Jadi pola makan yang baik itu ialah : pada jam 04.00-12.00 waktunya tubuh metabolisme atau pengeluaran racun, makanya kebanyakan pada pagi hari kita sering merasa mules, jadi sebaiknya makan - makanlah yang ringan, seperti buah yang hanya membutuhkan waktu pencernaan setengah jam dan lebih mempermudah metabolisme tubuh kita, dan memberikan serat untuk membuang ampas atau toksin yang ada di dalam tubuh kita semakin bersih. Pada jam 12.00-20.00, tubuh dalam kondisi sangat lapar, diwajibkan untuk kita pada jam 12.00 siang memakan nasi atau penggantinya seperti roti atau gandum dan jangan lupa memakan daging sebagai lemak dan sayuran sebagai vitamin, porsi sayur harus lebih banyak daripada nasi. Dan jangan mengkonsumsi protein dulu. Malamnya pasti perut masih merasakan lapar, maka makanlah sedikit nasi dan sayur lebih banyak dari nasi lalu telur sebagai sumber protein untuk tubuh. Dan jangan melebihi jam 20.00, karena nantinya dapat membebani kerja perut. Pada jam 20.00-04.00 Proses pembakaran sedang berlangsung, karena makannya sedikit pada pagi harinya pun badan terasa lebih ringan dan segar.




Pola Hidup

Selain pola makan, kita juga harus memperhatikan pola hidup. Apakah orang yang terlihat secara fisik sehat dapat dikatakan dia sehat???, ternyata jawabannya belum tentu, karena masih ada jiwa, bisa saja orang itu punya penyakit jiwa. Makanya itu pola hidup juga sangat penting untuk kehidupan kita sehari-hari. Pola hidup yang baik ialah menahan amarah atau ego, karena pada dasarnya orang yang tidak dapat menahan amarah atau ego bila menemukan suatu masalah akan mengalami strees yang sangat serius dan ini berpengaruh terhadap kondisi jiwanya. Untuk memperbaiki kualitas jiwa anda, banyak cara yang dapat anda lakukan, seperti meditasi, pijat refleksi, dan ajaran Islam yang sangat berharga yaitu PUASA. Dengan puasa, orang selain dapat mengatur pola hidupnya, orang itu juga sudah dapat mengatur pola makannya. Dan puasa bukanlah diet, berbeda dengan diet, puasa ialah kegiatan yang holistik yaitu menyeluruh dan bersifat kepada keikhlasan menjalankannya. Dari seringnya berpuasa manfaat yang bisa kita ambil ialah tenangnya jiwa kita karena emosi dan ego kita telah bisa kita tekan frekuensinya dengan cara yang ikhlas, dengan puasa juga kita telah membasmi penyakit-penyakit yang ada di dalam tubuh kita. Jadi kalau berat tubuh anda naik jangan senang dahulu, siapa tahu saja itu bukan daging, bisa saja itu racun yang bersarang di dalam tubuh anda. Jadi manfaat puasa sangatlah banyak buat kehidupan manusia. Orang yang terkena penyakit maag, dengan meminum berbagai jenis obat ternyata penyakitnya datang hilang datang hilang. Jadi ketika sakit dia minum obat lalu sembuh kemudian seminggu atau dua minggu berikutnya kambuh lagi lalu minum obat lagi hilang lalu kambuh lagi …… Aduh betapa bosannya seperti itu, dan jawabannya ternyata penyakit maag itu bukan hanya psikis atau fisik yang harus di sembuhkan tetapi jiwa seseorang itu yang harus ditenangkan, karena terlalu streesnya pikiran dapat menyebabkan system tubuh kacau, bekerja tidak beraturan. Makanya manfaat puasa ialah selain menyembuhkan secara psikis atau fisik tetapi juga secara rohani atau jiwa. Semoga ilmu di atas bermanfaat buat anda, terima kasih.

Related Posts by Categories



Bookmark and Share

0 comments: